PSOP : TAK TERNILAI BETAPA BERHARGANYA DIRIMU

Pekan Seni dan Olahraga Pertanian atau lebih dikenal dengan nama PSOP merupakan suatu wahana kegiatan yang biasanya rutin dilakukan tiap tahunnya di Fakultas Pertanian. PSOP direncanakan dan diselenggarakan oleh “setiap angkatan” yang ada di Fakultas Pertanian tanpa terkecuali. Entah bagaimana sejarah panjang yang melatarbelakangi para senior angkatan terdahulu hingga mampu menggagas kegiatan tersebut tetapi sedikit memberikan penjelasan mengenai kegiatan tersebut, bahwa PSOP merupakan kegiatan yang sifatnya kompetisi sivitas akademika yang di dalamnya dipertandingkan berbagai macam cabang olah raga dan kesenian dengan memperebutkan prestasi tertinggi yaitu kebanggan dan kejayaan. PSOP tak ubahnya seperti kompetisi kelas atas. Berbagai macam cabang olah raga dan seni itu diatur ke dalam peraturan resmi yang mengikat dengan dibantu wasit/juri yang profesional. Technical meeting diselenggarakan untuk memberikan kejelasan akan peraturan yang mengatur jalannya pertandingan dan perlombaan nantinya, kadang muncul intrik-intrik menarik sebagai skenario jalannya technical meeting.

Terlepas apa itu PSOP, yang perlu ditekankan adalah PSOP merupakan kegiatan yang sangat positif dan bukan lah sebuah kegiatan kaderisasi pembodohan dari senior kepada yunior. Banyak orang beranggapan negatif terhadap kegiatan ini. Mereka berpikiran apa untungnya mengeluarkan begitu banyak tenaga, perhatian, dan tentu saja uang hanya untuk sebuah kegiatan semacam ini. Buat apa rela tidak mengikuti kuliah hanya untuk berkumpul bersama untuk merencanakan kegiatan itu. Buat apa rela seminggu “menyiksa diri” hanya untuk menuruti skenario negatif dari senior yang menjatuhkan panitia pelaksana PSOP. Anggapan tersebut tidak lah benar. Anggapan tersebut adalah angapan yang tidak tahu-menahu PSOP dan kemudian hanya bisa berkomentar saja. Ibarat orang buta yang berkomentar tentang indahnya matahari di kala terbit. Seorang buta itu hanya akan bisa ikut berkomentar jika ada seseorang sehat yang membisikkan hal itu kepada si buta. Bisikan itu bohong atau tidak si buta pun tidak akan mengetahuinya.

PSOP ini patut dipertahankan untuk tetap dilaksanakan. Banyak manfaat yang didapatkan dari event besar ini. Banyak hal yang bisa dipelajari dari event besar ini. Banyak kenangan manis yang muncul dari event besar ini. Dan, sangat sedikit sekali kekecewaan mendalam akibat event besar ini. Sebuah hal yang besar tentu tidak akan begitu saja diperoleh dengan mengedipkan mata, butuh pengorbanan yang besar pula untuk mendapatkannya. PSOP adalah sebuah hal besar yang memberikan manfaat besar yang tak ternilai harganya dan tak akan lekang oleh waktu. Sudah menjadi tugas angkatan yunior untuk meneruskan tradisi ini. Warisan ini adalah warisan yang sangat mendidik bahkan jauh lebih mendidik dibandingkan saat menjadi pengurus HMJ, UKK, BEM, atau DEMA. PSOP jangan sampai hilang dari tradisi. Seharusnya Fakultas Pertanian malu dengan fakultas-fakultas lain yang mulai mengikuti kegiatan kita ini. Di saat fakultas lain mulai gegap gempita dengan event serupa tapi Fakultas Pertanian yang notabene lebih dahulu melaksanakannya harusnya jauh lebih menggelegar bukan malah hilang waktu demi waktu. Apa kiranya yang perlu dikoreksi dari PSOP kita ini maka mari lah para stake holder mahasiswa pemangku kepentingan di Fakultas Pertanian ini untuk dapat duduk bersama membahas hal tersebut kemudian bicarakan dengan pihak dekanat. Fakultas Pertanian sangat rindu menonton pertandingan bola voli putra antara mahasiswa melawan dosen/karyawan. Fakultas Pertanian rindu bapak Pembantu Dekan III bermain tenis lapangan. Fakultas Pertanian rindu menghabiskan malam minggu bersama pada acara puncak malam inagurasi PSOP. Fakultas Pertanian rindu gegap gempita PSOP. PSOP adalah kegiatan yang sangat mendidik jika memang ada metode pendidikannya yang perlu dikoreksi maka sebaiknya segera dikoreksi, hilangkan anggapan negatif dari PSOP, jangan takut, dan jangan hilangkan event besar itu dari Fakultas Pertanian. Berharap semoga ada pikiran jernih yang memberikan jalan keluar untuk PSOP termantap ini. Jayalah Fakultas Pertanian!!!!

Tulisan di atas dimuat dalam buletin lembaga pers mahasiswa Fakultas Pertanian UNS Solo atau dikenal dengan nama LPM Folia. Semoga bermanfaat!!
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar