PCPM BANK INDONESIA (PCPM30)

Hai semua, blog walker, kali ini saya mau share tentang pengalaman mengikuti seleksi masuk menjadi pegawai Bank Indonesia melalui jalur PCPM (pendidikan calon pegawai muda) atau pegawai setingkat staf. Waktu saya ikut seleksi ini (Januari 2012-April 2012) saya hanya lolos sampai tahap 4 (Tes TOEFL) karena skor tes toefl saya gak bisa mencapai minimal 500 ya udah gagal aja. Siapa tahu tulisan ini nanti bisa menjadi sedikit bocoran/kisi-kisi/bocoran bagi yang akan ikut seleksi ini atau bagi yang mau mencoba lagi seleksi ini, termasuk saya (InsyaAllah.. ^^)

Ada 7 tahapan yang yang sangat ketat. Konon katanya tidak hanya lulusan dalam negeri saja tetapi lulusan luar negeri juga ikut seleksi ini lho. Tulisan ini tentang pengalaman ikut seleksi PCPM ya, beda dengan MLE (multi level entry). Berikut tahapannya :

1.      Registrasi On-line
Registrasi online dilakukan di website resmi Bank Indonesia. Seperti rekrutmen-rekrutmen di tempat lain kita tinggal memasukkan data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dll. Ingat ya untuk mematuhi persyaratan-persyaratannya.

2.      Pengumuman Registrasi On-line
Yang bagaimana yang bisa lolos registrasi on-line panitia yang tahu persis. Yang pasti, di awal, kita harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta panitia, kalau awalnya udah gak memenuhi syarat jangan harap mau lolos hihi..

3.  Tahap 1: Verifikasi Kelengkapan Dokumen, Tes Kemampuan Umum, Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Khusus
Tes tahapan ini lama, kurang lebih 4 jam. Verifikasi kelengkapan dokumen nanti panitia memeriksa dokumen-dokumen yang peserta seleksi cantumkan sebagai keterangan sewaktu registrasi on-line jadi peserta tidak bisa bohong kalau ada dokumen yang tidak bisa ditunjukkan mungkin saja tidak akan bisa lolos.
Tes Kemampuan Umum nya ya sama kayak tes-tes GPA umumnya (general aptitude test) semacam berhitung tambah/kurang/bagi, sinonim/antonim, tes kreplin (bukan pauli lho ya). Perlu diingat itu semua dibatasi waktu yang sangat singkat.
Tes Pengetahuan Umum dan Tes Pengetahuan Khusus nya tentang ilmu-ilmu ekonomi meliputi analisis regresi, pasar uang, fungsi uang, pemimpin Bank Indonesia, pasar saham, dll. Tapi tenang aja, itu semua pilihan ganda kok jadi kalau ada yang gak bisa jawab bisa dihitung tuh kancing bajunya hihi..

4.      Tahap 2 : Tes Bahasa Inggris (Pendahuluan) dan Tes Psikologis Tertulis
Tes Bahasa Inggris nya kalau gak salah ada 100 soal (maap agak lupa hehe..) untuk soal jenis structure and written expression. Tes Psikologis Tertulis nya ada wartegg test, draw a man/woman test, gambar pohon, EPPS, dll. Tes tahap ini juga lama kurang lebih 5 jam.

5.      Tahap 3 : Diskusi Kelompok dan Wawancara Individual
Jadi, peserta dibagi kelompok kecil 6-7 orang nanti diberi kasus kemudian didiskusikan untuk dicari solusinya. Tips nya jadilah sebagai pembuka diskusi lalu langsung ungkapkan pendapat, atau jadilah yang mengusulkan sistem diskusinya, atau jadilah yang sering memberi gagasan/ide pemecahan masalah, atau jadilah yang ngingetin waktu durasi diskusi, pokoknya sering-sering bicara lah tapi jangan suka menyela pembicaraan ya, yang sopan.
Wawancara individual nya semua tentang pribadi kok jadi yang semangat yang mantap yang optimis tiap kali jawab pertanyaan Bapak/Ibu yang mewawancarai. Pokoknya keliatan kalau kita ini pantas jadi pegawai Bank Indonesia.

6.      Tahap 4 : Tes TOEFL
Nah ini saya gagalnya di tahap ini. Peserta yang tidak memiliki sertifikat TOEFL ITP skor minimal 500 atau IELTS skor minimal 5,5 (seperti saya) diharuskan mengikuti tes di tahap ini, dan beruntunglah yang udah punya sertifikat karena udah gak perlu ikut tes tinggal nunggu pengumuman, InsyaAllah langsung lolos ^^.. Tips nya usahakan untuk punya sertifikat TOEFL ITP/IELTS yang masih berlaku dengan minimal skor yang disyaratkan jadi kalau skor masih kurang bisa ambil tes lagi. Kalau gak punya kan kesempatannya tes BI hanya sekali, gak bisa diulang. Tapi kalau yakin banget sama kemampuan bahasa Inggris nya gak perlu khawatir lah kayak temen saya, sebut saja Flower hehe..^^

7.      Tahap 5 : Tes Psikiatri
Kalau yang ini saya dapat informasi dari temen yang lolos sampai tahap ini (yang saya sebut Flower tadi.. ^^). Beda dengan tes psikologis lho ya. Kalau tes psikologis untuk mengetahui kepribadian kita sedangkan tes psikiatri untuk mengetahui kesehatan kejiwaan kita (gila atau waras hihi…). Ini spoiler tes nya namanya MMPI-2: soal - kesimpulan. Tes nya sama seperti ini hanya saja di tes BI nya pake Bahasa Indonesia. Ini juga ada batas waktunya, lebih cepat lebih baik. Penilaian nya seperti apa saya gak tahu heheh.. Maap…;(

8.      Tahap 6 : Tes Kesehatan
9.      Tahap 7 : Wawancara Akhir
Untuk tahap 6 dan tahap 7 saya belum dapet informasinya, keburu tulisan ini dipost. Tahap 6 dan 7 sendiri belum dilaksanain hihi.. ^^.. Oiya mengenai berapa jumlah akhir calon pegawai yang diterima. Dulu perwakilan BI pernah mengumumkan sewaktu sebelum tes TOEFL yaitu berdasarkan sistem rangking peserta seluruh Indonesia dan bukan berdasarkan sistem kuota per kota tes. Jumlahnya sesuai yang dibutuhkan Bank Indonesia saat itu.

Yaudah gitu aja deh mudah-mudahan ini menjadikan semangat teman-teman, makin banyak yang tahu ini makin banyak yang semangat makin ketat persaingannya hehe.. Kalau jodoh tidak ‘kan kemana. Semoga beruntung bagi yang akan mengikuti seleksi di kesempatan selanjutnya. Banyak berdoa, banyak sedekah, banyak sholawat, Sholat fardhu nya diusahain selalu tepat waktu dan berjamaah, sholat sunnah nya juga jangan sampai ketinggalan.
Oiya selama mengikuti tes saya aktif memantaui thread ini: All About Rekrutmen Bank Indonesia (kaskus), seputar tentang rekrutmen Bank Indonesia PCPM&MLE semua ada disitu. Saya juga baca blog-blog ini: Capcai bakar, kopi dangdut, 6 langkah

Nuwun.

Category: 17 komentar

17 komentar:

ajeng mengatakan...

kalo bedanya pcpm sama mle apa ya? makasih

MUKHTAR HABIB mengatakan...

Kalo dari segi teknis kerja nya nanti aku gak tau tp kalo dari segi seleksi nya itu seleksi MLE dilakukan terpusat di Jakarta. Mohon maaf kalo tdk bisa menjawab

Tetik puji lestari mengatakan...

kapan BI akan membuka penerimaan pegawai baru lagi?

Burhanuddin Buhari mengatakan...

makasih infonya mas, bermanfaat banget. sy doakan seleksi selanjutnya mas bis alulus. amin

Selamat Datang Di Blog @nto_the@ mengatakan...

Makasih Gan Info'y....
Semangat Gan Untuk Mengikuti Lagi,..

andi mengatakan...

waktu itu ngelihat ada tes PCPM dimana ya?
di website kah atau apa?

haris mengatakan...

wahh, gw jg ikut PCPM30 Jakarta tp cuma sampe tahap 3 doang, mudah-mudahan bisa ikut lagi.

Konjo mengatakan...

masbro, mo koreksi aja PCPM itu klo setingkat asistan manager bukan setingkat staff..

Anonim mengatakan...

tahap 5 yang tes psikiatri untuk soal dan kemampuanya kok ada?

Anonim mengatakan...

kalo dari pns mau pindah jadi pegawai BI bisa gak sih ? BI gajinya kurang ajar

Sari Wahyuni mengatakan...

thanx banyak infonya :)

Elemonee Martha mengatakan...

Hallo teman, mau nanya dong, boleh tau gag dokumen yg harus dipersiapkan untuk verifikasi dokumen tahap pertama itu apa aja? Terimma kasih banyak.

Anonim mengatakan...

MAKASIH GAN, MEMBANTU SEKALI :))
KIRA@ UTK WAWANCARA AKHIRNYA PAKAI BHS INDO / INGGRIS YAH ?

gajah oleng made in vanz mengatakan...

kok jadi agak takut ya?
gan yang mau saya tanyakan itu waktu dari test tahap pertama dan tahap kedua berapa lama gan?

Roz_roses mengatakan...

mkasih ,, infonya sngat mmbantu sleksi thap 1 sya kamrin.

Fakhrurrazi mengatakan...

Saya (Fakhrurrazi, SE) pelamar di PCPM Bank Indonesia (BI)Status lolos administrasi, jadwal konfirmasi kehadiran untuk tahap 1 tes kemampuan umum tanggal 20-08-2013 jam 12.00, tapi saya konfirmasi tanggal 20-08-2013 jam 16.00, apakah masih bisa untuk ikut tes kemampuan umum ? sekian dan terima kasih .
Mohon jawaban dari kawan2.

Lingkaran Kecil mengatakan...

"Tes Pengetahuan Umum dan Tes Pengetahuan Khusus nya tentang ilmu-ilmu ekonomi meliputi analisis regresi, pasar uang, fungsi uang, pemimpin Bank Indonesia, pasar saham, dll."

selain yang sudah disebut materi apalagi yg diujikan? sy bukan dari ekonomi jd perlu belajar banyak.
terima kasih

Poskan Komentar